Rabu, 08 Februari 2017

KKN 05 Universitas Trunojoyo Madura


Kuliah Kerja Nyata salah satu bentuk pengabdian yang dilakukan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura yang dikelola oleh LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat) UTM . Dari KKN ini diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan dan mengembangkan potensi yang ada di desa yang yang sudah ditentukan. dan diharapkan juga dapat meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat khususnya desa yang diabdi.

Salah satu posko KKN UTM 2017 adalah posko Kelompok KKN 05 yang ditugaskan atau ditempatkan di Desa Bajang Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. Kelompok KKN 05 terdiri dari 16 orang Mahasiswa yang berasal dari bebagai jurusan yang ada di Univesitas Trunojoyo Madura.

Awalnya setelah melakukan beberapa rapat koordinasi satu kelompok, maka kelompok KKN 05 melakukan survei pada Desa Bajang untuk menentukan proker utama yang sesuai dengan kondisi  dan potensi desa yang kemudian diusulkan Kepada pihak LPPM dan Kepala Desa Bajang.

     
    

Pilihan pertama adalah membuat SaBu(Sambal Bubuk),yang akan digunakan untuk menjadi Program Utama namun karena kondisi cuaca yang kurang baik untuk menghasilkan cabai dan juga terdapat Bukit Brukoh yang lebih baik dikembangkan maka program Kerja Utama diganti dari SaBu menjadi Pariwisata dengan tema "Pengembangan Pariwisata Madura berbasis Kearifan Lokal".


Disambut dengan baik Proker Utama Kelompok KKN 05 UTM oleh Kepala Desa Bajang yaitu Bapak Moh. Mokri S.pd , yang mana ada harapan kelompok KKN 05 dapat merubah image bukit Brukoh yang awalnya dari Bukit mesum menjadi bukit pariwisata yang baik untuk bersama keluarga dan sahabat.

Dan setelah adanya beberapa pengerjaan dan promosi maka dibukalah Wisata Alam Bukit Brukoh sebagai bentuk dan hasil dari mahasiswa KKN 05 UTM .Selain Program Utama Terdapat proker pendukung antara lain ,pelatihan dan pembuatan SaBu(Sambal Bubuk) ,Pelatihan dan pembuatan Biopestisida,Pelatihan Desain dan Pengembangan Pariwisata,pembuatan Kerajinan dari akar Bambu, dan juga Pengabdian terhadap pendidikan.
      


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

Diberdayakan oleh Blogger.